Cara Praktis Membuat Bubur Sumsum

cara membuat bubur sumsum
Indonesia merupakan Negara multikultur dengan aneka ragam budaya yang kompleks. Hal ini kemudian menjadikan kekayaan Indonesia melimpah termasuk soal kuliner. Indonesia patut berbangga hati sebab jika dirunut (dan dihitung) boleh jadi jumlah varian kuliner kita akan mencapai angka ribuan. Di dalam bilangan ribuan tersebut termasuk di dalamnya bubur sumsum, kuliner nikmat yang masih bisa dijumpai dengan mudah di pasar-pasar tradisonal. Bubur sumsum ini sangat nikmat dan cukup sederhana proses pembuatannya. Jika Anda sedang malas keluar rumah, tak ada salahnya mencoba resep bubur sumsum di dapur Anda bukan? Berikut kami sajikan cara membuat bubur sumsum praktis nan nikmat.

Siapkan Bahan-bahan!

Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat bubur sumsum dibagi ke dalam dua kelompok besar, yakni:

  1. Bahan untuk bagian bubur, antara lain:
  2. Tepung beras sebanyak 100 gram.
  3. Daun pandan sebanyak 3 lembar. Bersihkan dan kemudian sobek, buat menyimpul.
  4. Santan kental sebanyak 650 mililiter dari 1 buah kelapa tua.
  5. Garam sebanyak ½ sdt.
Bahan untuk membuat kuah bubur sumsum, antara lain:
  1. Air bersih sebanyak 100 mililiter
  2. Gula merah sebanyak 200 gram. Serut halus.
  3. Daun pandan sebanyak 2 lembar. Bersihkan dan kemudian buat menjadi simpul.
Langkah Pembuatan Bubur Sumsum

Setelah semua bahan bubur sumsum siap, saatnya Anda meraciknya. Berikut tahapan pembuatan bubur nikmat ini yang kami sajikan dalam dua bagian, yakni:

Cara membuat bubur sumsum bagian isi:
  1. Pertama, bagi dua santan ke dalam dua wadah. Santan pada wadah pertama di panaskan bersama dengan simpulan daun pandan dengan api kecil sembari terus diaduk jangan sampai pecah.
  2. Kemudian santan di wadah kedua dicampur dengan tepung terigu dan juga garam. Aduk hingga merata. Selanjutnya, tuang campuran ini ke dalam santan yang tengah dipanaskan. Terus aduk hingga menjadi bubur yang kental. Angkat dan dinginkan.
Cara membuat bubur sumsum bagian kuah:
  1. Campurkan air dengan gula dan juga daun pandan. Aduk hingga menjadi satu.
  2. Selanjutnya rebus dengan api yang sedang. Setelah mengental, angkat dan sisihkan.
Cara mengkonsumsi bubur sumsum adalah dengan menaruh beberapa sendok bubur pada piring dan disiram dengan kuah gula merah. Makanan yang satu ini sangat nikmat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin. Cara membuat bubur sumsum sangat mudah bukan dan praktis. Anda patut mencobanya di rumah. Selamat memasak ya!