Mau tau Cara Membuat Cimol?

Cara membuat cimol
Bandung sudah lama dikenal dengan julukan surganya kuliner. Tak hanya bagi pelancong lokal tetapi juga di mata para pelancong internasional. Bandung memang istimewa, kreatifitas orang-orang di sini seolah tak pernah berhenti berpacu. Karena itu, jangan heran jika setiap waktu bermunculan resep kuliner nikmat yang baru. Inovasi selera ini membuat Bandung selalu layak dikunjungi. Salah satu kuliner nikmat dari kota berjuluk Paris van Java ini adalah cimol. Ia merupakan jajanan nikmat yang bisa dengan mudah dijumpai di sepanjang jalanan di Bandung. Meski demikian, bagia Anda yang berada di luar Bandung juga masih bisa menikmati jajanan ini. Sebab, cara membuat cimol ini sangat mudah dan praktis. Tak percaya? Berikut kami sajikan resepnya khusus untuk Anda.


Siapkan Bahan-bahan!
  1. Tepung sagu sebanyak 1200 gram.
  2. Tepung beras sebanyak 12 sendok makan
  3. Tepung terigu sebanyak 8 sendok makan
  4. Baking soda sebanyak 3 sendok makan
  5. Merica 1 sendok teh, atau sesuai selera.
  6. Garam dan penyedap secukupnya.
Mari Membuat Cimol Khas Bandung!

Setelah semua bahan-bahan untuk membuat cimol lengkap, saatnya kita memulai proses pembuatan. Cara membuat cimol, sebagai berikut:
  1. Pertama, siapkan sebuah wadah untuk mencampur semua bahan yakni tepung sagu, tepung beras, tepung terigu, baking powder, merica, garam dan juga penyedap. Campur semua bahan tersebut hingga benar-benar merata sempurna.
  2. Selanjutnya, masukkan air sedikit demi sedikit agar campuran bahan-bahan tersebut bisa membentuk adonan kalis. Air yang digunakan haruslah air yang panas. Setelah airnya dirasa cukup, aduklah adonan dengan spatula atau sendok hingga adonannya benar-benar pas.
  3. Setelah adonan siap, saatnya Anda membentuk cimol. Umumnya cimol berbentuk bulatan kecil. Tapi sesungguhnya, soal bentuk tergantung selera Anda. Yang penting jangan terlalu besar sebab susah matang hingga ke bagian dalam.
  4. Setelah cimol dibentuk, goreng di atas api sedang hingga ia mengambang di atas minyak
  5. Angkat dan tiriskan. Sajikan dalam keadaan hangat bersama dengan saus atau taburan bubuk cabe, bumbu serbuk dan lain-lain sesuai selera Anda.
Bagaimana, cara membuat cimol ini sangat mudah juga praktis bukan? Anda bisa mencobanya di rumah. Jauh lebih sehat dan juga higienis. Aman dinikmati keluarga Anda saat bersantai bersama. Selamat mencoba ya!