Cara Membuat Ketupat: Nikmat & Praktis!

Cara Membuat Ketupat
Siapa bilang menikmati ketupat hanya bisa di hari raya lebaran saja? Meski makanan yang satu ini identik dengan hari raya muslim, namun Anda bisa menikmatinya setiap waktu kok. Ketupat bisa dikatakan bersepupu dengan lontong. Mereka berdua merupakan variasi lain dalam memasak beras. Karena berbahan utama beras, maka itu ketupat dan juga lontong biasanya dijadikan makanan utama yang disantap bersama aneka sup, opor ayam, dan masih banyak lagi lainnya. Anda tertarik membuat ketupat? Cara membuat ketupat cukup mudah kok. Terlebih jika Anda telah memiliki bungkus ketupat dari daun kelapa yang siap pakai.

Siapkan Bahan-bahan!

Pada dasarnya, bahan-bahan yang digunakan dalam membuat ketupat hampir sama dengan bahan pembuatan lontong. Hanya berbeda di bungkus saja. Berikut bahan yang Anda butuhkan dalam proses pembuatan ketupat:

  1. Beras putih (pilih yang pulen misalnya merk rojolele dll) sebanyak 500 gram.
  2. Daun kelapa yang digunakan untuk membungkus ketupat, secukupnya. Jika Anda tak mahir menganyam bungkus ketupat, Anda bisa membeli yang telah siap pakai di pasar tradisional.
  3. Air untuk merebus ketupat, secukupnya.
Mari Membuat Ketupat!


Cara membuat ketupat sama saja dengan cara membuat lontong, hanya saja ketupat tak lagi membutuhkan sematan tusuk gigi. Berikut tahapan pembuatan ketupat yang bisa Anda lakukan:
  1. Pertama, cuci beras dengan bersih dan kemudian rendam selama kurang lebih 30 menit.
  2. Setelah cukup direndam, tiriskan beras. Selanjutnya dimasukkan ke dalam daun kelapa yang telah dibentuk sedemikian rupa. Jangan isi penuh, cukup ¾ saja sebab beras akan mengembang dan memenuhi rongga di dalam daun kelapa tersebut.
  3. Selanjutnya, ketupat dimasak di dalam panci berukuran besar. Pastikan semua ketupat terendam sempurna, jika tidak maka akan ada bagian yang tidak matang. Agar menghemat waktu memasak, masukkan ketupat ke dalam air yang telah mendidih.
  4. Masa perebusan ketupat bisa sampai 2 jam. Jika air menyusut, segera masukkan air yang baru. Begitu seterusnya hingga ketupat masak.
  5. Setelah ketupat dirasa matang, angkat dan pisahkan dari air rebusan. Jangan lupa untuk menyiram ketupat dengan air bersih yang hangat agar tampilannya jauh lebih bagus. Ketupat siap untuk dihidangkan.
Pada dasarnya ada beragam cara membuat ketupat. Ada sebagian orang yang mencampurkan rendaman beras dengan kapur sirih agar ketupat lebih kenyal. Ada pula yang menambahkan bumbu pada beras agar lebih gurih. Semua hal tersebut bisa anda lakukan jika sesuai dengan selera Anda. Selamat membuat ketupat nikmat ya!