Beragam Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah 
Jika Anda pribadi yang sibuk dengan beragam aktifitas, tentu serangan sakit kepala sebelah atau migrain terasa sangat menyebalkan. Kepala yang berdenyut terus menerus tentu akan membuat produktifitas Anda berkurang. Jangan didiamkan saja, sebab salah-salah migraine justru akan berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Ada beragam cara mengatasi sakit kepala sebelah ini. Mulai dari cara alamiah hingga non-alamiah. Sebelum memutuskan meminum obat, tak ada salahnya mencoba cara yang lebih alami bukan? Bagaimanapun, meski membantu, tapi ada sebagian zat dari obat yang mengendap di dalam tubuh kita. Dan itu tak baik. Untuk migraine bandel, silahkan coba cara-cara alami berikut ini.

Tidur

Obat alami yang paling manjur mengusir sakit kepala sebelah adalah tidur pulas. Manusia bukan robot yang bisa bekerja selama 24 jam penuh. Tubuh butuh istirahat. Ketegangan tubuh bisa dibaca dari tubuh yang terasa tidak enak dan kepala yang terasa berat. Jika hal ini terjadi pada Anda, stop bekerja dulu dan istirahatlah!


Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengobati sakit kepala sebelah lainnya adalah dengan minum air sebanyak 8 sampai 10 gelas air mineral secara rutin. Banyak ahli yang berpendapat bahwa salah satu penyebab migrain adalah kehausan yang berkepanjangan dan mengakibatkan sistem di dalam tubuh tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Karena itu, jika Anda sakit kepala sebelah, minum air!

Kompres Dengan Air Es

Cara ini biasanya ampuh mengurangi sakit berlebih pada kepala Anda. Caranya cukup mudah, ambil natu es dan bungkus dengan kain. Kemudian kompreskan ke bagian kepala Anda yang terasa sakit. Dingin es akan membantu mengatasi rasa sakit.

Pelihara Mata Anda

Salah satu penyebab sakit kepala sebelah yang marak adalah cahaya berlebihan yang tiba pada mata dan memicu sakit kepala sebelah. Jika Anda demikian, pastikan Anda menggunakan kacamata bantu atau bisa juga dengan layar anti-silau jika Anda sering bekerja depan komputer atau laptop.

Terapi Panas Dan Dingin

Salah satu cara mengobati sakit kepala sebelah adalah dengan melakukan terapi panas dingin. Terapi apa yang dimaksud? Tak lain adalah dengan mengkompres kepala dengan bau es dan menggunakan koyo atau kompresan air hangat pada bagian tengkuk. Menurut Dr Edmund Messina dari Michigan, pembuluh darah yang mengedarkan darah ke wilayah dura atau lapisan otak terletak di belakang pelipis. Dengan mengkompresnya akan mengurangi rasa sakit, sementara itu pada bagian tengkuk terdapat saraf-saraf yang bisa meredakan ketegangan pada kepala Anda.

Batasi Konsumsi Nitrit dan Nitrat


Salah satu cara mengobati sakit kepala sebelah secara alamiah adalah dengan mengurangi tingkat konsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung zat yang bisa memicu sakit kepala sebelah. Apa saja? MIsalnya keripik yang banyak mengandung MSG atau monosodium glutamate, kopi, aklohol, kcang-kacangan, daging, kedelai dan lain-lain.

Apabila cara mengobati sakit kepala sebelah di atas tidak berhasi mengusir nyeri di bagian kepala Anda, sebaiknya konsultasi segera pada dokter ahli. Sebab migraine yang berlebihan bisa saja signal sebuah penyakit parah yang belum Anda ketahui.