Mari Belajar Cara Membuat Lontong

Cara Membuat Lontong
Siapa yang tak kenal lontong? Makanan yang terbuat dari beras ini bisa dengan mudah dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Lontong memang salah satu variasi memasak beras. Ia dibungkus dengan daun pisang yang menambah cita rasa nikmatnya. Biasanya lontong dinikmati bersama dengan makanan tertentu seperti sate, aneka sup, opor ayam dan masih banyak lagi lainnya. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi nasi dengan cara biasa mungkin membosankan. Jadi tak ada salahnya sekali-kali menggantinya dengan lontong. Jika Anda juga demikian, tak usah ke warung makan hanya untuk menikmati lontong. Sebab makanan yang satu ini pada dasarnya sangat mudah dibuat. Jika Anda tertarik membuatnya di rumah, silahkan simak cara membuat lontong yang kami rangkum berikut ini.

Siapkan Bahan-bahan!

Pada dasarnya cara membuat lontong ini sangat mudah. Demikian pula dengan bahan-bahan yang diperlukan, sangat gampang diperoleh di mana saja. Adapun bahan-bahan yang kami maksudkan antara lain, sebagai berikut:

  1. Beras putih sebanyak 500 gram.
  2. Air bersih secukupnya.
  3. Daun pisang tua untuk digunakan membungkus lontong, seperlunya.
  4. Tusuk gigi untuk mengunci bungkusan lontong.
Mari Membuat Lontong Sedap

Setelah semua bahan-bahan siap, saatnya kita membuat lontong. Berikut langkah demi langkahnya kami rangkum untuk Anda.
  1. Pertama, bersihkan daun pisang yang telah Anda sediakan. Kemudian dipotong menjadi lembaran-lembaran yang akan digunakan membungkus. Selanjutnya, celupkan lembaran daun pisang tersebut di dalam air yang panas agar ia segera layu. Daun yang segar cenderung mudah patah sehingga susah dibentuk. Selesai direndam, pastikan daun Anda kembali kering.
  2. Kedua, bentuklah daun menyerupai selongsong dengan cara digulung-gulung dengan diameter sekitar 3 hingga 4 cm. Salah satu ujung daun yang telah dibentuk, ditutup dengan menggunakan sematan tusuk gigi.
  3. Selanjutnya, masukkan beras pada satu sisi selongsong daun pisang yang masih terbuka. Jangan diisi penuh, cukup seperdua saja. Kemudian tutup juga sisi tersebut dengan sematan tusuk gigi.
  4. Langkah berikutnya adalah merebus beras yang telah dimasukkan ke dalam daun. Pastikan panci yang Anda gunakan cukup besar sebab saat merebus, lontong harus terendam sempurna.
  5. Setelah beberapa saat, Anda bisa mengecek lontong. Jika sudah padat maka lontong Anda sudah matang. Silahkan diangkat dan siram dengan air panas agar lontong bersih. Setelah itu tiriskan agar airnya mengering.
  6. Terakhir, lontong siap disajikan bersama dengan menu nikmat seperti sate, opor, dan aneka sup. Saran penyajian, sebaiknya lontong dipotong-potong secara diagonal, kemudian taruh di dalam piring yang cekung. Takaran pada resep ini bisa disantal 5 sampai 6 orang.
Sebenarnya ada beragam cara membuat lontong lainnya, kurang lebih sama dengan yang di atas. Hanya saja, beras terlebih dahulu dimasak selama kurang lebih 15 menit sampai menjadi aron beras. Kemudian saat dingin, baru dimasukkan ke dalam bungkusan daun pisang dan selanjutnya direbus hingga matang. Pilih cara yang paling baik menurut Anda. Sebagai informasi, hasil akhir kedua cara ini kurang lebih sama. Lontong nikmat yang siap Anda santap bersama keluarga di rumah! Selamat mencoba ya.