Belajar Cara Membuat Klepon Praktis

Cara Membuat Klepon
Ada berbagai macam penganan nikmat khas nusantara yang merupakan bagian dari warisan budaya leluhur. Meski kue modern semakin membanjiri kita, namun tetap melestarikan resep kue tradisonal tak boleh dilupakan. Salah satu jenis kue nusantara yang layak untuk Anda ketahui cara pembuatannya adalah klepon. Kue yang satu ini sangat populer dijadikan sarapan di pagi hari. Sebenarnya, di beberapa wilayah di Indonesia, klepon ini sering dinamai onde-onde. Mungkin karena bentuknya yang juga bulat dan dipermanis dengan isian yang nikmat. Anda suka makan klepon? Jika iya, tak ada salahnya membuatnya di dapur Anda bukan. Selain mengheman biaya, Anda juga bisa melestarikan warisan kuliner bangsa. Tak usah berlama-lama, berikut kami sajikan cara membuat klepon praktis khusus buat Anda!


Siapkan Bahan-bahan!
  1. Tepung beras ketan sebanyak 250 gram.
  2. Air daun pandan atau suji sebanyak 1 sendok makan.
  3. Kaour sirih sebanyak 1 sendok teh.
  4. Garam sebanyak ½ sendok teh.
  5. Air bersih sebanyak 150 mililiter.
  6. Gula merah yang diserut halus sebanyak 150 gram (sebagai bahan isian klepon).
  7. Kelapa muda parut sebanyak 150 gram (sebagai bahan untuk membaluri kue klepon).
Cara Membuat Klepon


Setelah semua bahan-bahan telah siap, saatnya kita membuat klepon. Adapun cara membuat klepon, langkah demi langkahnya sebagai berikut ini:
  1. Masukkan tepung ketan bersama dengan air daun pandan atau suji juga garam di dalam sebuah wadah. Aduk hingga semuanya merata. Kemudian tambahkan ke dalamnya air kapur sirih. Kembali aduk hingga benar-benar tercampur sempurna.
  2. Selanjutnya, adonan pada langkah pertama dituangi air matang sedikit demi sedkit hingga adonan lunak dan mudah dibentuk. Setelah kalis, diamkan kurang lebih 15 menit.
  3. Kemudian, ambil satu sendok teh adonan tadi dan bentuk bulat pipih. Ambil serutan gula merah dan masukkan pada bagian tengah adonan klepon. Selanjutnya bungkus dan bentuk hingga membulat sempurna.
  4. Panaskan air hingga mendidih dan rebus bulatan adonan klepon tadi hingga ia mengapung. Selanjutnya angkat dan tiriskan.
  5. Langkah terakhir adalah memasukkan klepon yang telah direbus ke dalam wadah tempat kelapa parut berada. Guling-gulingkan hingga semua permukaan klepon tertutupi kelapa.
  6. Klepon nikmat nan praktis siap Anda sajikan untuk keluarga tercinta.
Bagaimana, cara membuat klepon ini sangat mudah dan praktis bukan? Anda bisa mencobanya setiap waktu di rumah Anda. Klepon ini cocok dijadikan sarapan semua anggota keluarga sebelum berangkat beraktifitas. Selain itu, ia juga cocok menemani sore Anda bersama dengan segelas teh hangat. Selamat mencoba ya!