Ayo Belajar Cara Membuat Kacang Telur

Cara Membuat Kacang Telur
Menikmati waktu santai bersama keluarga rasanya kurang lengkap jika tak dilengkapi dengan makanan kecil. Ada beragam pilihan yang Anda bisa pilih. Mulai dari makanan ringan instan di supermarket sampai kue-kue buatan Anda sendiri. Jika Anda tak suka makanan yang dibuat dengan bahan-bahan pengawet, tak ada salahnya jika Anda meracik makanan ringan untuk keluarga Anda sendiri. Salah satu pilihan cerdas adalah kcang telur. Makanan yang satu ini cukup digemari banyak orang, mungkin juga keluarga Anda. Tak perlu membeli di toko, Anda juga bisa membuatnya sendiri kok. Berikut cara membuat kacang telur praktis yang bisa Anda coba.

Siapkan Bahan-bahan!

Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan kacang telur antara lain:

  1. Kacang tanah sebanyak 500 gram.
  2. Tepung terigu yang telah diayak sebanyak 400 gram.
  3. Tepung sagu yang telah diayak sebanyak 100 gram.
  4. Telur ayam sebanyak 4 butir, kocok lepas.
  5. Gula pasir sebanyak 100 gram.
  6. Cabe bubuk sebanyak 2 sendok teh.
  7. Bawang putih sebanyak 8 siung. Haluskan.
  8. Garam dan penyedap rasa, secukupnya.
  9. Vanili bubuk sebanyak ¼ sendok makan.
  10. Minyak goreng, secukupnya.
Mari Mambuat Kacang Telur Nikmat!

Setelah semua bahan-bahan tersedia, saatnya meracik kacang telur. Adapun cara membuat kacang telur tersebut, kami susun sebagai berikut:
  1. Pertama, cuci kacang tanah dan kemudian ditiriskan. Biarkan sampai benar-benar dalam keadaan kering.
  2. Kemudian, mulai buat kulit kacang, Campurkan telur ayam kocok dengan cabe bubuk, gula pasir, bawang putih yang telah dihaluskan, bubuk vanili, garam dan juga peyedap rasa. Aduk terus hingga semua bahan tercampur sempurna.
  3. Selanjutnya, masukkan kacang tanah yang telah kering ke dalam campuran bumbu di tahapan sebelumnya. Aduk hingga semua bumbu bercampur dengan kacang. Angkat kacang tersebut dan tiriskan.
  4. Berikutnya, semua bahan tepung dicampur ke dalam satu wadah. Masukkan kacang yang telah dibaluri bumbui ke dalam campuran tepung.
  5. Setelah itu, kacang tersebut dimasukkan lagi ke dalam campuran bumbu. Setelahnya, dimasukkan lagi ke dalam campuran tepung. Lakukan proses ini dua kali saja agar kulit kacang tidak terlalu tebal.
  6. Selanjutnya, panaskan minyak di wajan dan goreng kacang telur Anda dengan api sedang. Saat kacang telah berwarna keemasan, segera angkat. Tunggu sampai kacang dingin dan selanjutnya dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan kedap udara agar garingnya terjaga.
Demikian cara membuat kacang telur praktis dan nikmat. Cukup mudah untuk dipraktekkan bukan? Kacang telur ini bisa dijadikan kudapan saat bercengkrama bersama keluarga pun sebagai jejamuan tamu saat hari raya tiba.

Image Credit : Internationaldinnerproject.wordpress.com