Beberapa Tips Menanam Lidah Buaya

Aloe Vera atau lidah buaya merupakan tanaman obat yang telah dikembangkan sejak ratusan tahun yang lalu. Tumbuhan yang menyukai tempat kering ini memang memiliki beragam manfaat. Jika dahulu lidah buaya hanya sekedar penghias taman dan penyubur rambut, kini tanaman dengan daun bergerigi ini tengah menjadi primadona. Betapa tidak, hampir semua industri melirik lidah buaya sebagai bahan baku olahan. Mulai dari industri kecantikan, kuliner hingga obat-obatan. Melihat kecenderungan ini, rasanya tak ada salahnya jika Anda mulai belajar cara menanam lidah buaya, meski sebatas di pekarangan rumah Anda saja. Selain untuk mempercantik taman, siapa tahu keahlian menanam lidah buaya akan menginspirasi Anda memulai usaha budidaya dalam skala yang besar. Berikut ini kami sajikan beberapa tips dalam menanam lidah buaya. Silahkan disimak.


Persiapan Awal

Sebelum menanam lidah buaya, pastikan Anda melakukan tips berikut ini:
  1. Pilih medium tanam terbaik. Pada dasarnya, lidah buaya merupakan tumbuhan gurun yang bisa tumbuh hampir di semua jenis tanah. Hanya saja, untuk memaksimalkan pertumbuhan lidah buaya, tentu medium tanam yang gembur, kaya akan humus dan nitrogen jauh lebih baik.
  2. Pilih jenis lidah buaya yang tepat. Pada dasarnya ada banyak jenis ludah buaya. Namun dalam skala industri, jenis Aloe barbadensis Milleer merupakan varian yang paling populer ditanam. Mengapa? Sebab dari semua jenis lidah buaya, si Milleer inilah yang memiliki ukuran daging daun yang paling besar. Jika tujuan Anda adalah keuntungan, tentu wajib menanam si Milleer.
  3. Cara memperbanyak lidah buaya ada dua, dengan biji dan juga anakan. Namun secara umum, orang-orang memilih anakan sebab jauh lebih mudah dan cepat. Tipsnya, pilih anakan lidah buaya yang telah memiliki akar sendiri. Pindahkan ke polybag atau juga langsung ke pot yang terpisah dari induknya.
  4. Pada saat menanam anakan ini, pastikan kedalaman lubang tanamnya berkisar 10 sampai 15 cm.
Pemeliharaan

Meski lidah buaya tidak membutuhkan perawatan extra, tetapi Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal agar tanaman Anda sehat dan tumbuh optimal. Simak tips perawatan lidah buaya berikut ini:
  1. Lidah buaya adalah tumbuhan guun, karena itu jangan menyiram lidah buaya secara berlebihan. Niscaya lidah buaya Anda akan busuk atau pertumbuhannya tidak maksimal.
  2. Meski lidah buaya merupakan tanaman gurun tapi cahaya matahari yang berlebihan akan membuat daunnya berubah kekuningan. Jadi lebih baik tanam di tempat teduh yang kering.
  3. Jika Anda menanam lidah buaya di pot, pastikan Anda mengganti pot tersebut saat lidah buaya telah mencapai ukuran tertentu. Sebab jika potnya terlalu kecil, akan menghambat pertumbuhan lidah buaya itu sendiri.