Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan jendela hati, begitu beberapa orang menempatkan mata. Seseorang bisa menampilkan kecantikan hatinya melalui kedua mata yang ia miliki. Di luar dari pada kiasan tersebut, mata memang merupakan organ yang penting. Bayangkan keterbatasan yang harus Anda rasakan jika mata Anda tak ada. Hampir semua aktifitas bisa dilakukan dengan normal jika mata sehat. Membaca, berjalan-jalan, menikmati matahari terbenam dan terbit, menonton film dan sederet aktifitas menyenangkan lainnya bisa Anda lakukan dengan baik jika mata Anda sehat. Karena itu, bersyukurlah pada Sang Pencipta jika Anda masih diberi kenikmatan melihat semua keindahan yang Ia cipta. Salah satu cara merayakan syukur adalah dengan menjaga kesehatan indera penglihatan tersebut. Berikut kami rangkum cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda terapkan dalam keseharian Anda.

Pada dasarnya ada banyak cara menjaga kesehatan mata. Mulai dari yang alamiah hingga yang melibatkan bahan kimia. Sebelum mencicipi cara kedua, ada baiknya jika Anda mengusahakan cara pertama terlebih dahulu. Berikut cara menjaga kesehatan mata secara alami:
  1. Konsumsilah makanan khususnya buah dan sayuran yang kaya akan vitamin A. Salah satu rekomendasi terbaik untuk Anda konsumsi adalah wortel. Sejak dahulu kala, sayuran yang disukai kelinci ini memang dikenal mampu menyehatkan mata. Selain wortel, Anda juga harus rutin mengkonsumsi sayuran lain seperti tomat, pepaya dan lain-lain.
  2. Selain vitamin A, kesehatan mata juga bisa ditopang oleh senyawa beta karoten. Anda bisa mendapatkannya dari bayam merah dan juga kentang manis.
  3. Selain asupan nutrisi, cara menjaga kesehatan mata juga mencakup perlakuan Anda pada mata. Lakukan beberapa hal beberapa hal berikut agar mata Anda lebih sehat:
  4. Jangan menonton televisi dalam rentang jarak yang terlalu dekat. Cahaya TV yang tiba pada mata Anda bisa mengganggu kesehatan mata. Hitungan jarak TV dengan mata Anda sekitar 2 meter untuk TV dengan ukuran 14 inci. Semakin lebar ukuran TV maka seharusnya jarak Anda juga semakin jauh.
  5. Kurangi jam “kencan” Anda dengan monitor komputer atau laptop. Radiasi kedua perangkat kerja tersebut akan membuat mata Anda kelelahan. Jika dipaksakan, kesehatan mata Anda menjadi taruhannya.
  6. Jangan membaca buku sambil tidur. Hal ini akan memperberat tugas mata. Bacalah dalam kondisi punggung tegak dan dalam rentang jarak 30 cm. Pastikan pula Anda membaca di tempat dengan pencahayaan yang baik. Jangan membaca di tempat remang!
  7. Jika Anda keluar rumah, gunakanlah kacamata anti-UV. Sinar matahari lambat lain bisa membuat mata Anda sakit. Selain itu, kacamata juga akan melindungi Anda dari iritasi yang diakibatkan debu di jalanan.
  8. Warna bola mata yang indah memang sanggup menyulap penampilan Anda lebih menarik. Ras Asia diberkahi warna mata coklat menuju hitam. Karena itu, memakai lensa kontak merupakan aternatif satu-satunya. Sayangnya, pemakaian lensa kontak yang berlebihan akan membuat mata Anda iritasi bahkan bisa sampai buta! Karenanya, jangan menggunakan lensa kontak lebih dari 19 jam per harinya. Lakukan juga perawatan mata seperti rutin meneteskan obat agar mata Anda tetap sehat.
  9. Membaca artikel di Handphone telah menjadi habit kaum urban. Layar Handphone yang mungil akan membuat mata Anda kerja rodi mendeteksi abjad. Jadi kurangi kebiasaan yang satu ini!
  10. Untuk menjaga kesehatan mata Anda, jangan malas melakukan perawatan ringan seperti mengompres mata dengan potongan mentimun, membilas mata dengan air teh murni dan lain-lain.
  11. Terakhir, cara menjaga kesehatan mata yang paling sederhana adalah dengan melatih fleksibilitasnya. Caranya cukup dengan memandang objek dekat selama 5 detik dan menggantinya dengan objek jauh selama 5 detik. Lakukan berkali-kali dalam sehari. Misalnya 15 menit sehari.
Selamat mencoba ya!