Sudahkah Anda Kenal dengan Greek Yogurt ?


Yogurt dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satu ragam yogurt yang disebut-sebut sangat baik untuk kesehatan adalah greek yogurt. Greek yogurt berarti yogurt dalam bahasa Yunani. Padahal, di negara tersebut sebagian yogurtnya tidak disaring. Yogurt kental ini juga menjadi makanan pokok di banyak negara selain Yunani. Sebenarnya, Greek yogurt menjadi sebutan populer untuk yogurt saring karena merek yogurt asal Yunani, Fage, sukses memasarkannya. 

Yogurt biasa maupun jenis  greek yogurt memang bisa menjadi bagian dari pola makan yang baik. Keduanya rendah kalori dan mengandung kalsium serta kultur bakteri aktif yang dibutuhkan tubuh. Greek yogurt disebut-sebut lebih menyehatkan karena dengan jumlah kalori yang sama dengan yogurt biasa, yogurt ini memiliki kandunga protein yang lebih banyak. Namun, untuk urusan lemak jenuh, kolesterol, dan kalsium, yogurt biasa lebih baik.

Membuat Greek Yogurt

Untuk  membuat yogurt, bakteri sehat ditambahkan ke dalam susu. Proses fermentasi membuat larutan susu berbakteri mengental dan menghasilkan rasa asam. Yogurt kemudian disaring untuk membuang whey (cairan)  dari susu. Yogurt biasa umumnya disaring dua kali. Tetapi, greek yogurt disaring tiga kali untuk membuang lebih banyak kadar whey. Tekstur greek yogurt pun jauh lebih kental dibanding yogurt biasa. Bahkan teksturnya menyerupai keju lembut.

Kandungan dalam Greek Yogurt

Kandungan protein dalam greek yogurt lebih banyak dari yogurt biasa. Sebagai perbandingan , dalam takaran yang sama  misalnya 170 gram, yogurt biasa mengandung 15 gram sedangkan greek yogurt bisa mencapai 20 gram.

Greek Yogurt untuk makanan tambahan

Greek yogurt menjadi makanan pilihan kaum vegetarian yang membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi.Greek yogurt dapat ditambahkan ke dalam aneka makanan serta minuman, sebagai contoh : campur greek yogurt dengan bawang putih, dill dan peterseli/seledri untuk dijadikan cocolan wortel atau sebagai pengganti selai di atas roti. Greek yogurt bisa juga dimakan dengan ditambahi buah-buahan segar misalnya mangga, papaya, stroberi.
Greek yogurt seringkali dimanfaatkan sebagai krim asam atau sour cream pada makanan khas Meksiko yaitu Taco. Teksturnya yang kenal juga bisa berfungsi sebagai pengganti mayonnaise saat membuat isian pada roti, salad kentang, salad telur, dan salad sayur. ( dirangkum dari berbagai sumber )