Sekilas tentang sea food


Hidangan yang berbahan dasar dari laut sering disebut dengan Seafood . Mudah sekali kita jumpai, dari pinggir jalanan hingga ke restoran yang berkelas internasional.  Hidangan seafood yang sering dikonsumsi  adalah  dari jenis crustacea yaitu udang dan kepiting kemudian dari jenis molusca yaitu kerang dan cumi, dari jenis echinodermata seperti teripang dan dari jenis tumbuhan air, seperti ganggang dan rumput laut.

Ragam olahan seafood

Seafood bisa disantap dengan proses yang sederhana, misalnya dibakar atau digoreng  tanpa bumbu-bumbu yang beraneka ragam hingga dimasak dengan proses khusus dan aneka ragam bumbu-bumbu rahasia, semuanya menawarkan sensasi sendiri bagi penikmat seafood.  Ragam olahan hidangan yang sering kita jumpai adalah menu kepiting asap. Adapun cara memasak menu penggugah selera ini adalah kepiting yang masih hidup dilumuri bumbu Nusantara, seperti serai, lengkuas, dan kemiri, secara merata. Lalu kepiting itu diung-kep dengan menggunakan aluminium foil.Tahap berikutnya, kepiting yang sudah diungkep tersebut dibakar selama 20 menit di atas arang batok

Kandungan gizi seafood

Hidangan seafood mengandung 75% air, 15 % protein, 5 % lemak dan 5% vitamin dan mineral. Protein yang terkandung didalamnya memiliki mutu yang tinggi dan bermanfaat bagi pertumbuhan dan meperbaiki sel-sel yang rusak. Protein dalam hidangan laut sangat mudah dicerna oleh tubuh. Seafood juga mengandung asam amino penting, selain itu kandungan lemak total dan lemak jenuh cenderung rendah, rata-rata kurang dari lima persen. Kadar lemak yang banyak terdapat pada jenis ikan sarden, tuna, mackerel dan king salmon, yaitu paling banyak 15 persen. Kadar tersebut menyerupai lemak yang terkandung dalam daging yang lemaknya rendah.
Hidangan seafood mengandung asam tidak jenuh yang dibutuhkan tubuh, seperti asam lemak omega 3,6, dan 9. Selain itu hidangan seafood banyak mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A,D, E, K, B komplek, B12, B6, niasin dan tiamin. Mineral yang terkandung dalam seafood adalah kalsium, zat besi, zinc, kalium, iodine, fosfor, selenium, dan magnesium.

Manfaat seafood
 
Beragam manfaat seafood untuk kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung,  seafood baik pula untuk penderita darah tingi, arrhythmia, diabetes mellitus, dan rheumatoid arthritis. Manfaat seafood bagi anak adalah membantu pertumbuhan tubuh, pertumbuhan otak sejak janin serta pendewasaan system syaraf. Ibu hamil dan menyusui sangat dianjurkan menyantap hidangan seafood agar dapat menyerap zat taurin yang terdapat dalam kerang, kepiting dan berbagai jenis ikan.