Cara Mudah Membuat Serabi Lezat

cara membuat serabi
Bukan rahasia lagi, Indonesia memang meliliki ratusan jenis penganan tradisional warisan nenek moyang kita. Meski kue modern membanjiri pasar, namun cita rasa kue tradsional seolah memiliki tempat tersendiri di lidah masyarakat. Salah satu jenis jajanan yang digemari adalah kue surabi. Bahan utamanya bisa berupa tepung terigu atau juga tepung beras. Ia biasanya dinikmati bersama larutan gula aren yang menambah cita rasanya. Surabi ini memiliki rasa yang khas sebab dimatangkan dengan cara dibakar. Anda pernah mencoba surabi? Pernah berpikir untuk membuatnya sendiri di rumah Anda? Jika iya, silahkan simak cara membuat serabi yang kami sajikan berikut ini. Semoga membantu Anda ya!

Siapkan Bahan-bahan!


Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat kue tradisional surabi dibagi ke dalam dua kelompok yakni:


Bahan Utama Surabi
  1. Tepung terigu sebanyak 200 gram.
  2. Baking powder sebanyak 1 sendok teh.
  3. Santan sebanyak 300 cc yang diambil dari ¼ butir kelapa tua.
  4. Air daun suji atau pandan sebanyak 50 cc
  5. Telur sebanyak 1 butir.
  6. Garam sebanyak ¼ sendok teh.
  7. Minyak untuk olesan saat surabi dibakar, secukupnya.
Bahan Saus Surabi / Kinca
  1. Santan sebanyak 500 cc yang diambil dari 1 butir kelapa tua.
  2. Gula pasir sebanyak 1 sendok makan.
  3. Garam sebanyak 1 sendok teh.
  4. Daun pandan sebanyak 1 lembar. Bersihkan dan buat menyimpul.

Cara membuat Surabi Nikmat


Setelah semua bahan-bahan surabi telah tersedia, saatnya kita meracik semuanya. Cara membuat surabi sebagai berikut ini:
  1. Pertama, ayak tepung terigu Anda bersama dengan baking powder. Simpan di wadah.
  2. Selanjutnya, kocok telur bersama dengan garam hingga keluar buihnya. Kemudian masukkan santan bersama dengan air daun suji, kembali aduk hingga benar-benar merata.
  3. Masukkan adonan pada langkah di atas ke dalam wadah berisi campuran baking powder dengan tepung terigu. Kemudian uleni hingga merata dan halus. Diamkan selama 1 sampai 2 jam.
  4. Selanjutnya, panaskan tempat memasak surabi. Biasanya terbuat dari tanah liat, namun ada juga yang terbuat dari besi. Olesi dengan minyak goreng dan kemudian setiap lubang pada wajan surabi tersebut dimasukkan 3 sampai 4 adonan. Tunggulah hingga pada pemrukaan surabi muncul letupan-letupan kecil, kemudian ditutup. Masak hinga surabi Anda benar-benar matang. Selanjutnya, angkat dari wajan dan sajikan.
Surabi hangat nikmat disantap bersama lelehan kinca atau saus surabi. Adapun cara membuat saus kinca ini adalah dengan mencampur semua bahan dan kemudian dididhkan. Pastikan selama memasak saus kinca ini Anda terus mengaduknya sebab jika tidak, santannya alan pecah. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Selanjutnya saus kinca bisa ditambahkan pada surabi Anda.

Bagaimana, cara membuat surabi ini cukup mudah bukan? Jika Anda menghendaki, Anda bisa memvariasikannya dengan bahan lain. Misalnya dengan menambahkan taburan, atau perisa pada adonan dan lain-lain. Selamat mencoba ya!