Cara Mudah Membuat Fondant

cara membuat fondant
Trend kue pernikahan maupun ulang tahun yang dipermanis dengan menggunakan fondant memang sedang menjamur akhir-akhir ini. Boleh jadi alasannya dikarenakan tampilan kue dengan fondant jauh lebih elok dipandang mata. Selain itu, kue jauh lebih praktis dihias dan dibentuk. Banyak para pembuat kue yang berpendapat bahwa penggunaan fondant jauh lebih praktis ketimbang butter cream untuk menghias kue. Untuk mendpatkan fondant juga cukup mudah. Anda tinggal mendatangi toko perlengkapan bahan-bahan kue. Mereka biasanya menyediakan fondant siap pakai. Lantas bagaimana dengan Anda yang sukar mendapatkan fondant? Jangan cemas, berikut kami rangkup cara membuat fondant yang bisa Anda coba di rumah Anda.

Siapkan Bahan-bahan!

Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat fondant adalah sebagai berikut:

  1. Gula bubuk sebanyak 1 kilogram.
  2. Gelatin bubuk (pilih yang telah mendapatkan label halal dari MUI) sebanyak 10 gram.
  3. Gliserin sebanyak 6 mililiter. Bahan yang satu ini bisa dibeli di toko kue pun apotik. Ia merupakan pemanis buatan yang aman dikonsumsi manusia.
  4. Sirup gula sebanyak 120 mililiter. Anda juga pada dasarnya bisa membuatnya sendiri, caranya cukup masak gula pasir sebanyak 100 gram bersama dengan 80 mililiter air. Masak hingga gula kemudian larut bersama air.
  5. Air dingin sebanyak 60 mililiter.
  6. Tetes Aroma bisa pisang, vanilla, zitrone atau sesuai dengan selera Anda. Untuk resep fondant ini, hanya dibutuhkan 5 tetes saja.
  7. Tepung maizena, secukupnya.
  8. Garam bubuk sebanyak ¼ sendok teh.
Mari Membuat Fondant!

Setelah semua bahan-bahan siap, saatnya Anda memulai langkah pembuatan fondant. Cara membuat fondant ini sebagai berikut:
  1. Pertama, gelatin bubuk yang telah disiapkan dituang ke dalam wadah dan kemudian ditambahkan air sebanyak 60 mililiter tadi dan diamkan hingga gelatin menyerap air tersebut.
  2. Selanjutnya, sirup gula yang sedang dalam keadaan hangat di masukkan ke dalam gelatin bersama dengan gliserin sebanyak 6 mililiter, tetes aroma sebanyak 5 kali dan juga garam bubuk secukupnya. Aduk semua bahan tersebut hingga rata sempurna. Diamkan cairan ini hingga dingin.
  3. Langkah berikutnya adalah menambahkan gula bubuk. Caranya, tuang gula bubuk pada wadah yang lebar (di meja yang untuk uleni juga bisa). Pada tengah bubuk gula tersebut dibuat sebuah lingkaran. Kemudian, cairan gliserin dan bahan lain yang dibuat pada langkah sebelumnya dituangkan tepat di tengah gula bubuk tersebut. Pastikan Anda meratakan cairan tersebut dengan gula memakai spatula atau scrabber. Jangan pakai tangan sebab akan lengket dan juga kurang steril.
  4. Langkah terakhir adalah menambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit pada campuran di langkah sebelumnya. Jangan terlalu lembek dan juga terlalu keras. Setelah jadi, adonan (yang disebut fondant) tersebut sebaiknya dibentuk bulatan dan dibungkus dengan plastik. Seimpan di dalam ruangan dengan suhu normal semalaman penuh. Keesokan harinya, fondant Anda sudah siap digunakan.

Bagaimana, cara membuat fondant cukup mudah bukan? Kini Anda sudah bisa menghias kue spesial untuk hari yang juga spesial dengan fondant buatan Anda sendiri. Selamat berkreasi ya!